Tips Mengatur Keuangan Menjelang Bulan Puasa

Posted on

KeuanganBulan Puasa merupakan bulan penuh berkah, di bulan ini kita juga harus bersikap bijak dengan hal apapun. Termasuk tentang mengatur keuangan, karena pada bulan ini tidak menutup kemungkinan jika akan mengeluarkan banyak modal. Oleh karena itu kami bagikan tips mengelola keungan di bulan Ramadhan. Untuk yg tidak mudik, pengeluaran yang buat keuangan jadi lebih banyak seperti pengeluaran untuk acara-acara berbuka puasa dengan/bersilahturahmi, pakaian serta berbelanja hari raya, angpau, serta beda sebagainya.

Kunci dari mengatur keuangan yaitu biaya. Bila Kamu telah punya niat untuk mengambil keputusan biaya untuk satu pos, Kamu semakin lebih mengingat kalau biaya pos itu terbatas, hingga menghindar Kamu boros untuk pos itu. Demikian pula untuk penyusunan keuangan waktu puasa, sesudah memastikan pos apa di th. lantas yang cukup besar biayanya, tentukan biaya untuk bln. puasa th. ini.

Anggarannya dapat Kamu lebih bila perlu. Tetapkan akan menaikkan biaya dari tempat mana, apakah murni cuma menyisihkan uang sedikit untuk sedikit dari saat ini, atau tabungan yang telah dipunyai, upah, atau THR. Telah umum kalau harga-harga juga akan naik, mendekati puasa, serta juga akan naik sekali lagi mendekati hari raya. Mengakali hal semacam ini, Kamu dapat belanja sebelumnya puasa untuk kepentingan sepanjang puasa. Cermati juga penyimpanan beberapa barang yang telah Kamu belanjakan itu, taruh dengan benar agar tahan lama. Bila Kamu juga akan belanja sebelumnya puasa, jadi Kamu mesti ingat untuk mempersiapkan juga anggarannya.

Sediakan daftar berbelanja sebelumnya Kamu berbelanja serta berpeganglah pada daftar itu. Peluang besar waktu Kamu berbelanja di supermarket, Kamu juga akan bertemu dengan rack/ruang potongan harga, biasanya sebelumnya kasir sebelum membayar belanjaan. Disini Kamu perlu taktik agar biaya berbelanja Kamu tidak bocor. Check kembali daftar belanjaan, apakah beberapa produk potongan harga itu termasuk juga dalam keperluan keseharian serta ada pada daftar? Bila ya, Kamu dapat memakai potongan harga itu. Tapi bila Kamu juga akan membelinya dengan argumen ‘mumpung diskon’, jadi baiknya lalui saja. Toh belum juga pasti Kamu gunakan/butuhkan bukan?

Kamu tidak terima THR? Tidak terima THR karna Kamu bekerja freelance, atau mempunyai usaha sendiri, atau mempunyai profesi dengan pendapatan yg tidak tetaplah/tak ada pemberi kerja, mesti menghadapi datangnya bln. puasa serta lebaran lebih awal. Antisipasi ini baiknya dikerjakan mulai sejak sesudah lebaran th. kemarin. Tetapi bila belumlah ada persiapan, tak ada kata terlambat, Kamu dapat mulai menyisihkan mulai sejak sekarang ini sampai puasa serta lebaran tiba. Jika Kamu mempunyai karyawan/beberapa orang yang bekerja untuk Kamu, sudah pasti jadi keharusan Kamu untuk memberi mereka THR.

Gunakan bln. puasa untuk pendapatan penambahan. Dengan adanya banyak kepentingan puasa serta lebaran, pasti juga akan banyak penjual-penjual musiman yang berjualan kue, pakaian serta peralatan beribadah, serta beda sebagainya. Tak ada kelirunya kesempatan ini Kamu turut terjun dalam kancah usaha musiman puasa serta lebaran ini. Siapa tahu ini juga akan melatih insting usaha Kamu serta mungkin saja dapat Kamu seriusi sampai yang akan datang kelak.

Author Bio

Gravatar Image

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *