Tips Membeli Apartemen Untuk Investasi

Posted on

Membeli apartemen sebagai bentuk investasi memang katanya menjanjikan. Sebenarnya, investasi properti memang seharusnya menjanjikan hasil yang memuaskan. Tetapi tentu saja, ada beberapa orang yang mengaku justru rugi melakukan investasi ini. Bisa jadi, hal ini dikarenakan proses investasi dan manajemen aset yang kurang efektif. Berikut ini ada beberapa tips membeli apartemen untuk investasi yang perlu dijadikan prinsip berinvestasi sejak awal.

  1. Pilih Apartemen dengan Lokasi Prime

Apartemen yang memiliki nilai kapitalisasi yang bagus adalah aset yang tepat untuk sebuah investasi. Lokasi yang berdekatan dengan wilayah bisnis, pusat keramaian seperti pusat perbelanjaan, sekolah, dan pasar tradisional jelas merupakan pilihan yang tepat. Selain itu, apartemen itu sendiri perlu menjadi lokasi yang prime, sehingga fasilitas dan nilai desain apartemen tersebut juga vital diperhitungkan. Apabila dua faktor lokasi tersebut sudah oke, maka investor bisa lanjut mempertimbangkan faktor yang lain.

  1. Pilih Apartemen dengan Legalitas Baik

Tips membeli apartemen untuk investasi yang kedua adalah pastikan untuk mengecek lebih dulu legalitas atau status kepemilikan apartemen dan lahannya. Sebagian besar pengembang di Jakarta hanya memiliki hak konsensi. Hak konsensi berarti pengembang bukan pemilik tetapi pengelola lahan dan bangunan saja. Keuntungan pengelola lahan dan bangunan ini akan dibagi dengan pemilik lahan. Tentu saja, setiap saat masa kontrak habis, penghuni apartemen harus rela pindah dan menerima ganti rugi yang sering kali jauh di bawan nilai investasi untuk apartemennya.

  1. Pilih Apartemen dari Pengembang Bereputasi

Berinvestasi pada apartemen yang dibangun pengembang dengan track record kurang baik jelas merupakan investasi yang buruk. Apartemen akan kurang terurus sehingga tidak ada yang mau menyewa juga ke depannya. Membeli apartemen ini jelas sia-sia. Pastikan untuk membeli pengembang yang profesional dengan komitmen penuh hingga akhir kontrak. Apartemen yang terurus seperti ini jelas merupakan aset potensial.

Jadi apartemen memang bisa menjadi aset investasi yang profesional. Tetapi, pemilihannya pun harus ekstra cermat dan hati-hati. Jika diawali dengan tepat, investasi ini bisa sangat menguntungkan.

Author Bio

Gravatar Image

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *