Tikar Gym Bayi

Posted on

APAKAH TUMMY TIME ATAU WAKTU PERUT?
Ketika kita berbicara tentang waktu perut, apa sebenarnya maksud kita? Waktu yang dihabiskan bayi di perutnya saat terjaga dan diawasi. Menempatkan bayi di perutnya mendorong dia untuk mengangkat kepalanya, yang membantu memperkuat otot kepala, leher, dan bahu serta meningkatkan keterampilan motorik.

MENGAPA BAYI MEMBUTUHKAN TUMMY TIME ATAU WAKTU PERUT?
Kita tahu, tidak mudah membuat bayi melakukan kegiatan yang tidak menyenangkan baginya. Tapi percayalah pada kami, waktu perut sangat berharga. Selain menawarkan cara yang manis bagi Anda berdua untuk terikat, ada beberapa manfaat utama untuk mengisi perut:

• Berlatihlah untuk tonggak penting lainnya, seperti berguling, duduk tegak dan merangkak
• Meningkatkan keterampilan motorik kasar
• Melibatkan kelompok otot yang lebih jarang digunakan
• Mencegah plagiocephaly (alias sindrom kepala datar)
• Membantu mengendalikan kepala induk bayi
• Mengurangi rasa sakit gas
• Menghadapkan bayi ke lingkungan yang berbeda

SAAT MULAI TUMMY TIME ATAU WAKTU PERUT
Meskipun tidak ada resep kapan tepatnya untuk memulai waktu perut, direkomendasikan orang tua untuk melakukannya lebih awal. Kenyataannya, bayi yang dilahirkan dalam jangka waktu penuh tanpa masalah kesehatan dapat memulai masa perutnya segera setelah hari pertama mereka pulang dari rumah sakit — selama Anda dan bayi Anda terjaga dan waspada dan Anda atau pengasuh lain ada di sana untuk mengawasi.

Jangan kaget jika bayi membenci waktu perut dan upaya awal tersebut dipenuhi dengan beberapa penolakan. Bayi biasanya tidak menyukainya dan menjadi rewel karenanya. Pertama kali, mereka mungkin hanya sebentar sebelum mereka mulai menjerit. Ini tentang membuat mereka terbiasa berada di posisi itu. Anda mungkin harus memulai dengan sesi pendek dan terus maju.

BERAPA HARUS TUMMY TIME ATAU WAKTU PERUT TERAKHIR?
Sedikit waktu perut benar-benar bisa berjalan jauh. Ketika datang ke perut bayi yang baru lahir, targetkan dua hingga tiga sesi sehari selama tiga hingga lima menit setiap kali, idealnya setelah tidur siang atau mengganti popok dan sebagai bagian dari waktu bermain.

Saat bayi bertambah usia dan mulai menikmati “latihan” nya, secara bertahap meningkatkan jumlah dan durasi sesi waktu perut. Usahakan sekitar 20 hingga 30 menit sehari dari waktu perut bayi pada saat dia berusia 3 atau 4 bulan. Kemudian terus latihan sampai bayi dapat berguling sendiri, banyak prestasi bayi mencapai sekitar 6 atau 7 bulan.

CARA MELAKUKAN TUMMY TIME ATAU WAKTU PERUT
Seperti kebanyakan latihan, waktu perut sangat mudah. Berikut cara menyiapkannya:

• Siapkan ruang yang lembut dan aman dan berbaringlah bayi. Selimut atau alas tidur di permukaan yang keras dan rata bekerja dengan baik. Lantai adalah tempat yang ideal, meskipun Anda juga dapat meletakkan bayi Anda telungkup di perut atau dada atau di pangkuan Anda.

• Jika bayi tidak merespons waktu perutnya sendiri, cobalah untuk melibatkannya. Melihat wajah Anda bisa menjadi insentif yang cukup bagi bayi untuk mencoba mengangkat kepalanya dari tubuh Anda. Orang tua baru yang kurang tidur mungkin tergoda untuk tidur setelah Anda berbaring. Atau, jika Anda tetap terjaga, bayi mungkin tidak memiliki insentif untuk mengangkat kepalanya dari tubuh hangat Anda dan dia bisa tertidur.

Lihat bagaimana kelanjutannya dan bagaimana bayi merespons waktu perut. Anda mungkin perlu bermain-main dengan pemosisian. Jika, katakanlah, bayi benar-benar tidak dapat menahan tengkurapnya, pertimbangkan untuk meletakkannya di sisinya. Info lebih lengkap tentang jual matras tebal 2cm 3cm 4cm 5cm disini.

Author Bio

Gravatar Image

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *