Teknik Tendangan di Sepakbola

Posted on

Permainan sepakbola adalah salah satu cabang olahraga terpopuler saat ini. Tak heran jika banyak penggemar yang mencari info jadwal bola indonesia agar bisa mendukung tim favorit. Tidak puas hanya sebagai penonton saja, ada juga yang berkeinginan menjadi pemain bola profesional maupun sekedar hobi. Untuk dapat bermain dengan benar dan sesuai aturan, pilihlah sekolah yang bagus dan terpercaya. Pelajari juga teknik tendangan agar tidak mudah terkena cidera.

teknik tendangan bola

Menendang bola harus menggunakan teknik yang benar agar arahnya bisa pas. Tidak peduli posisi bermainnya, memberikan umpan kepada kawan setim harus seakurat mungkin. Hal ini memudahkan saat menggiring bola ke gawang lawan. Namun jika dasarnya saja tidak menguasai, akan sulit menyesuaikan permainan yang sudah dirancang oleh pelatih. Adapun gerakan menendang bola yang harus dikuasai antara lain:

1. Menggunakan punggung kaki
Cara yang satu ini harus benar-benar dikuasai supaya dapat mengoper bola dengan benar. Langkahnya adalah dengan menjadikan satu kaki sebagai tumpuan dan yang lainnya untuk menendang bola. Posisi lutut harus menekuk agar arah tendangan bisa tepat. Sementara pergelangan kaki yang dipakai untuk menendang agak ditekuk kebawah lalu tendang kearah yang dituju. Teknik yang satu ini biasa digunakan untuk memberikan umpan jarak jauh.

2. Menggunakan kaki dalam
Tujuan penggunaan teknik yang satu ini untuk mengoper ke arah depan dan samping. Jarak umpan yang diberikan cukup pendek. Namun jika bisa mengarahkan dengan pas, maka pemain bisa menendang bola sampai ke wilayah pertahanan lawan. Cara menendang menggunakan kaki dalam adalah dengan menggunakan satu kaki untuk menjaga keseimbangan. Sementara kaki yang digunakan untuk menendang ditarik kebelakang lalu diayunkan dan tendang sesuai dengan arah kawan satu tim yang akan diberi bola. Bila menguasai tendangan ini, maka pemain dapat mengecoh lawan dan arah bola akan sulit ditebak.

3. Menggunakan kaki luar
Kekuatan tendangan yang dihasilkan dengan menggunakan teknik ini cukuplah besar. Cara ini biasa digunakan untuk memberikan umpan kedepan atau kesamping. Untuk menjaga keseimbangan maka posisi kaki penumpu harus dekat dengan bola. Sementara kaki yang dipakai untuk menendang ditarik kebelakang lalu diayunkan kedepan sembari memutar bagian kaki kedalam. Saat mengoper bola inilah keseimbangan harus dijaga dan kekuatan tendangan sesuai dengan jarak pemain yang dituju. Jadi yang terpenting adalah arahnya bisa pas dan aliran bola tidak terlalu deras sehingga kawan satu tim dapat menerima umpan dengan baik.

Semakin ramainya liga musim ini menjadikan jadwal bola indonesia cukup sering dikunjungi. Dalam pertandingan bola tendangan harus dilakukan dengan cepat dan terarah. Kekompakan dan skill menjadi modal utama sebuah tim untuk bisa menang. Jika memiliki cita-cita sebagai pemain bola sebaiknya pelajari teknik dasar yang disebutkan diatas.

Author Bio

Gravatar Image

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *