Macam-macam Pakan Lele

Posted on

Pakan ikan lele ada bebrapa varaian, yang diantaranya ialah pelet, ikan kecil dan tumbuh-tumbuhan. Namun sejauh ini masih banyak yang belum mengetahui bahwa ikan lele bisa diberikan pakan dengan tumbuh-tumbuhan seperti kangkung dan lain-lain.

Seperti yang sering kita ketahuu sebagai masakan yang dari sayuran kangkung, sawi dan kol. Sebetulnya bisa dijadikan pakan alami untuk lele tersebut. Namun banyak diantara kita yang belum mengetahui pentingnya pakan alami untuk ikan lele tersebut.

 

Selain itu jenis pakan alami untuk ikan lele ialah keong sawah, cacing dan ikan-ikan kecil yang bisa dijadikan sebagai pakan untuk sehari-hari. Selain irit dalam biatya, pakan ini juga berfungsi sebagai perkembangbiakkan dengan waktu yang cepat.

 

Salah satu contoh pakan alami seperti keong sawah dapat dicari di area pesawahan yang terdapat air. Karena biasanya sawah yang terdapat air akan menjadi habitat dari keong tersebut dalam mencari makan di area pesawahan.

 

Cara memberi pakan lele dengan keong ialah, cukup dengan merebusnya dan  mencincangnya kecil-kecil dan dilemparkan ke kolam terpal yang berisi ikan lele. Lakukan cara ini sehari minimal dua kali agar ikan lele tersebut mudah berkembangbiak.

 

Sudah terbukti bahwa tanpa makanan dari toko atau pabrikpun bisa membuat ikan lele berkembangbiak dengan cepat tanpa harus mengeluarkan modal lebih banyak. Dan dibeberapa daerah yang membudidayakan ikan lele tersebut banyak memaka cara ini sebagai pakan alami yang baik untuk mengembangbiakkan lele dengan hasil yang unggul.

 

Selain itu untuk mengenai jenis makan dengan tumbuh-tumbuhan seperti sawi dan kangkung sebagai pakan alami dan dengan cara mencincangnya lalu disebarkan ke kolam yang berisi ikan lele tersebut.

 

Para pembudidaya ikan lele lebih memilih cara ini sebagai bahan makanan yang alami, karena selain irit dalam mengeluarkan modal. Hasil panennyapun berbeda dengan hasil pakan yang menggunakan pakan dari toko.

 

Selain pakan dan perlengkapan lainnya, anda juga dapat membeli kolam terpal yang banyak dijual. Semakin banyak para pembudidaya menggunakan kolam terpal, maka semakin banyak juga para pebisnis agro yang jual kolam terpal.

 

Karena hasil panen ikan lele yang siberi pakan pelet atau sejeninya yang didbeli di toko, akan lebih kecil. Berbeda dengan hasil ikan lele yang diberi pakan alam seperti menggunakan sayuran, cacing, keong dan bekicot.

Author Bio

Gravatar Image

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *