Inilah Contoh Perabot Rumah Tangga yang Indonesia Banget

Posted on

Inilah Contoh Perabot Rumah Tangga yang Indonesia Banget

Ciri khas Indonesia dalam mencipta kriya memang telah dikenal mendunia, tidak hanya batik, namun juga seni ukir hingga bangunan tradisionalnya. Desainer Kezia karin menggagas sebuah desain furnitur yang diadaptasi dari kekayaan desain Nusantara dan dikemas dalam wajah masa kini. Kezia Karin menggaet SANA Living saat melansir koleksi furnitur yang diberi tajuk 1:1 Kezia Karin. SANA Living merupakan label lokal asal Surabaya yang beranjak dari passion untuk menciptakan suatu keindahan bagi hunian. Dengan latar tersebut, koleksi furnitur SANA Living senantiasa mengarah kepada stylish living melalui kombinasi yang terbaik dari masa lalu dan masa kini. Paparan ide SANA Living dalam desainnya berakar dari tradisi Indonesia dan ragam kriya yang dilebur bersama sentuhan serta pendekatan modern. Sementara itu, Kezia Karin yang menggeluti bidang desain interior selama lebih dari satu dekade telah menyerap banyak inspirasi saat menekuni profesinya. Baginya, kekayaan budaya Indonesia tetap menjadi objek yang menyenangkan sebagai sebuah inspirasi, terlebih perbedaan budaya di setiap daerah akan memberi nuansa yang beragam pula. “Tidak hanya kain, budaya Indonesia memiliki ciri khas yang unik dari bangunan, interior, pembagian ruang, dan tentu saja desain furniturnya.”, papar Kezia

 

Selaras dalam konsep dan idealisme, Kezia Karin berduet dengan SANA Living untuk menorehkan karya anyar berupa produk furnitur yang berjiwa Indonesia. Konsep cemerlang ini disambut baik oleh LaFlo, retail furnitur ternama yang senantiasa menghadirkan label-label furnitur internasional dalam gaya kontemporer dan bercita rasa seni tinggi. Di saat bersamaan, LaFlo menggagas program LaFlo Canvas yang bertujuan menggandeng desainer-desainer Tanah Air untuk merancang koleksi furnitur hingga dapat dipasarkan sampai level internasional. Erlangga Boenawan selaku President Director LaFlo menuturkan bila kehadiran koleksi 1:1 Kezia Karin membuktikan bahwa karya desainer Indonesia memiliki kesetaraan dengan merek internasional yang telah mendunia. Berkembang bersama program LaFlo Canvas, koleksi 1:1 Kezia Karin memang khusus didesain dan dipasarkan oleh LaFlo.

Untuk rencana jangka panjang, desainer-desainer yang terlibat dalam LaFlo Canvas diharapkan dapat berpartisipasi dalam ekshibisi internasional seperti Salone del Mobile di Italia. “Tantangan menciptakan produk yang setara dengan merek internasional adalah kualitas. Kita mungkin handal dalam mengejar kuantitas, tapi untuk memenuhi standar kualitas bukanlah hal yang mudah. Saya dan SANA Living turun tangan secara langsung untuk proses pengerjaan walaupun kami telah memiliki relasi dengan produsen yang terpercaya,” Kezia Karin melanjutkan. Menyinggung soal desain, 1:1 Kezia Karin dipenuhi inspirasi kekayaan budaya Indonesia melalui sentuhan implisit. “Saya ingin menerjemahkan Indonesia dalam wajah yang modern, elegan, dan luks.

 

Bila saya terinspirasi kain songket, tidak serta-merta saya mengaplikasikan keutuhan songket menjadi karpet, misalnya.”, tukasnya sembari menunjuk salah satu karyanya berupa karpet dengan motif songket samar. Kekayaan material milik Indonesia terutama kayu turut menjadi fokus Kezia Karin dan SANA Living saat mengembangkan lini 1:1 Kezia Karin. Oleh karena itu, aneka jenis kayu solid khas Indonesia seperti jati atau sonokeling menjadi aksentuasi indah dari koleksi 1:1 Kezia Karin yang dapat dilihat di showroom LaFlo di kawasan Simprug, Jakarta Selatan. Two thumbs up!

Author Bio

Gravatar Image

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *