Cara Membuat Ruang Tamu Kecil Anda Terlihat Lebih Besar

Posted on

Jika Anda tidak memiliki ruang untuk sofa maka Anda tidak sendirian karena orang-orang yang tinggal di apartemen atau lingkungan perkotaan sering menemukan kesulitan itu.

Jika ini menggambarkan pengalaman Anda, Anda dapat memilih untuk melihat ruang hidup Anda yang terbatas sebagai tantangan desain kreatif. Kunci untuk hidup bahagia dan indah di tempat kecil adalah menggabungkan solusi hemat-ruang dan multifungsi sambil mengekspresikan gaya pribadi Anda. Keputusan cerdas akan memberi Anda ruang yang Anda butuhkan saat membuat ruangan Anda luar biasa dan ramah. 5 tips ini dapat membantu Anda memanfaatkan ruang yang paling penting: ruang tamu.

1. Buka ke kamar lain. Jika Anda memiliki tempat tinggal yang terbatas, Anda mungkin ingin melihat ruang tamu Anda sebagai ruang yang mengalir dan, jika memungkinkan, buka pintu atau dinding sehingga kamar yang bersebelahan menyatu.

Ruang tamu dapat menjadi kombinasi ruang tamu, ruang makan, dan dapur yang lebih besar jika Anda menurunkan dinding yang memisahkannya. Demikian juga, melebarkan pintu dan membukanya ke langit-langit akan menciptakan perasaan yang lebih besar dan lebih terbuka. Jika membuat perubahan struktural besar tidak mungkin, coba lepaskan pintu ke setiap ruang yang terhubung. Ini tidak hanya akan meningkatkan penglihatan dan cahaya di setiap ruangan, ini akan memungkinkan aliran gerakan yang lebih mudah.

2. Gunakan furnitur dan rak built-in. Ada baiknya untuk berinvestasi dalam solusi bawaan dan rak yang sesuai agar sesuai dengan ruang dan kebutuhan Anda. Custom built-in ideal di ruangan kecil karena Anda dapat mengukur setiap bagian furnitur untuk ruang yang menantang sambil menambahkan satu atau dua fitur yang memaksimalkan penggunaannya.

Misalnya, sofa built-in dapat menyimpan penyimpanan yang berguna di bawahnya. Jika menyewa tukang kayu atau membeli karya khusus tidak ada dalam anggaran Anda, menjadi kreatif dan pasang topi DIY Anda. Dapatkah Anda menempatkan laci lipat yang menarik di bawah sofa Anda? Bagaimana kalau mengapung rak yang dalam dengan tanda kurung di dinding sebagai meja?

Demikian pula, alih-alih unit dinding yang dibuat khusus, tempatkan rak dalam pola berseni di dinding untuk membuat unit media. Saat menggantung rak, tempatkan mereka semua jalan ke atas dinding untuk membuat pola vertikal. Penempatan fitur desain yang lebih tinggi membantu menciptakan perasaan volume di dalam ruangan.

3. Jadilah kreatif dengan tata letak dan pencahayaan furnitur Anda. Jika memungkinkan, cobalah mengatur furnitur untuk menciptakan pemisahan antara zona fungsional. Ini membantu menentukan kegunaan yang berbeda dalam satu ruangan. Misalnya, letakkan meja di belakang sofa untuk menciptakan ruang kerja, atau atur kursi dan sofa Anda dengan cara yang jelas memisahkan ruang tamu dari ruang makan.

Anda dapat menentukan tata letak lebih jauh dengan menempatkan perlengkapan lampu gantung yang berbeda di setiap ruang terpisah. Misalnya, di zona ruang angkasa, pergi untuk lampu yang dekat dengan langit-langit (siram atau semiflush mount). Kemudian, di ruang makan yang berdekatan, letakkan liontin gantung tepat di atas meja.

4. Biarkan matahari bersinar masuk. Tekankan sumber cahaya alami Anda untuk membuat ruangan Anda lebih cerah. Ruang yang diterangi matahari terasa lebih terbuka dan membantu menghilangkan bayangan yang dapat membuat area tertutup terasa lebih kecil. Cara paling sederhana untuk meningkatkan cahaya alami di suatu ruangan adalah dengan menempatkan cermin di mana ia akan memantulkan cahaya dari jendela. Ini tidak hanya memantulkan cahaya tetapi juga menciptakan ilusi kedalaman lebih dalam ruang. Jika memungkinkan, letakkan perabot yang paling sering digunakan – seperti sofa atau kursi nyaman favorit Anda – sehingga mereka memiliki pemandangan luar.

Jika cahaya alami minim, pertimbangkan untuk memasang lampu track. Meskipun tidak mengambil ruang meja atau lantai yang berharga, cahaya yang terang dan kepala lintasan yang fleksibel dapat menggantikan sinar matahari langsung.

5. Cat secara strategis. Tip klasik menggunakan warna putih atau pucat masih merupakan saran yang tepat untuk mengecat ruang yang lebih kecil. Juga, lukis trim dan dinding di ruangan dengan warna yang sama menarik mata ke atas dan menyoroti langit-langit, seperti di ruangan ini.

Tetapi Anda juga bisa menggunakan warna yang lebih gelap. Warna yang menenangkan seperti biru laut atau abu-abu arang, misalnya, dapat membuat ruang yang lebih kecil mengundang gaya. Trik di ruangan kecil adalah menyeimbangkan dinding yang lebih gelap dengan elemen yang lebih ringan untuk menciptakan kedalaman dan mencerahkan ruangan. Misalnya, letakkan sofa berwarna lebih terang di dinding yang gelap. Lapisan dengan furnitur berwarna lebih terang, aksesori mengkilap dan karpet pucat. Anda dapat bereksperimen dengan garis-garis yang dicat di dinding. Apakah vertikal atau horizontal, garis-garis secara visual akan memperluas atau memanjang dinding yang ditampilkan.

Author Bio

Gravatar Image

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *