Memulai Bisnis

Berani Memulai Bisnis Meski ’Low Budget’

Posted on

Pertama, anda mungkin akan berpikir bahwa bisnis selalu butuh uang. Tapi tidak semuanya seperti itu, jadi beda bisnis kebutuhannya tentu juga akan berbeda. Pertama-tama, estimasikan dulu apa yang anda butuhkan seperti lisensi dan perijinan, suplier, peralatan, ruang kantor, asosiasi, subkripsi, membership, biaya operasi, ongkos kelegalan, pekerja tetap, pekerja lepas, freelancer dan lain-lain.

Berdasarkan daftar kebutuhan yang begitu banyak tersebut menindikasikan bahwa jika anda ingin memulai bisni maka satu-satunya jalan adalah : menurunkan cost atau menaikkan kemungkinan kapital dari sumber lain. Nah, ada cara-cara yang bisa anda lakukan untuk memulai sebuah usaha meskipun budget anda tipis adalah sebagai berikut:

  1. Reduksi Keinginan Anda

Jadi semisal begini, katakanlah anda ingin memulai perusahaan sebagai konsultan bisnisumkmonline  atau freelancer, maka pikirkan mana dari daftar estimasi yang bisa anda kurangi, misalkan pekerjanya.

Anda bisa menjadi pengusaha sekaligus sebagai pekerja. Kemudian jika anda membutuhkan ruang kantor, untuk sementara anda bisa memanfaatkan rumah anda. Jika anda membutuhkan suplier, maka lakukan riset untuk menemukan suplier yang murah atau memangkas line produk yag sangat mahal biaya produksinya.

 

Memulai Bisnis

Menurut SBA, banyak bisnis kecil yang membutuhkan media promosi bisnis undercover biaya awal kurang dari $3000 dan binis franchises berbasis rumahan (home industri) membutuhkan biaya yang jauh  lebih murah yakni sekitar $1000.

  1. Sumber Dana dari Luar

Opsi kedua adalah mendapatkan pembiayaan dari sumber luar. Pertama list sumber-sumber yang mungkin potensial untuk menjadi sumber pendanaan anda seperti berikut: misalkan teman dan keluarga (Teman dan keluarga bisa menjadi sumber yang potensial yang tidak dapat diabaiakan meskipun anda memiliki ruang secara kapital dari banyak sumber), kemudian investor penyokong (orang-orang kaya yang mau mendukung bisnis strat up), venture capitalis (hampir sama dengan angel investor tapi biasanya berbentuk kemitraan atau organisasi), pinjaman bank, dan lain-lain.

  1. Bootstrap

Opsi ketiga ini melibatkan gagasan periode ‘warmup’ pada bisnis. Misakan anda melauncing sebuah blog dengan niche tertentu, kemudian mereduksi scope, audien, dan keuntungan anda, untuk mendapatkan start yang bagus. Jika anda bisa melakukan self employe secara invidual, masalah cost dapat tereduksi dengan baik.

 

  1. Sebab-Sebab Lain

Ada beberapa sebab lain yang dapat menghambat profitabilitas dan dapat menimbulkan potensi kebangkrutan. Diantaranya adalah lokasi bisnis yang tidak strategis, kehilangan karyawan kunci, tuntutan hukum, bencana alam, dan lain sebagainya.

Author Bio

Gravatar Image

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *