Apa Saja Bagian Pekerjaan Pembangunan Tempat tinggal Yang Mesti Diperhitungkan

Posted on

Rumah

Waktu menginginkan membangun tempat tinggal sendiri, tentunya harus mempersiapkan biaya dana. Dengan mengkalkulasi perhitungan dana dengan jeli, jadi tidak butuh takut sistem pembangunan berhenti di dalam jalan.

Selain itu, banyak biaya juga di pengaruhi dari type serta jenis tempat tinggal yang dibuat. Umpamanya saja biaya membuat tempat tinggal minimalis tidak juga akan sama juga dengan tempat tinggal bergaya neogotik.

Jadi itu terdapat banyak persiapan yang harus diamati sebelumnya membuat tempat tinggal. Persiapan itu diantaranya :

1. Tentukan budget
Kalkulasikan dengan jeli berapakah cost yang mampu di keluarkan. Pastinya besaran cost ini mempertimbangkan pemakaian layanan kontraktor atau borongan.

2. Spesifikasi rumah
Tetapkan mulai sejak awal tempat tinggal jenis apa yang akan dibuat. Jenis tempat tinggal ini juga akan memengaruhi pemakaian material serta spesifikasinya.

3. Susun gambar gagasan bangunan
Gambar gagasan bangunan bukanlah sebatas coret-coretan diatas kertas. Gambar bangunan harusnya mewakili yang akan dibuat. Jadi itu minta pertolongan arsitek untuk wujudkan tempat tinggal yang diimpikan.

4. Masalah IMB
Izin Membangun Bangunan (IMB) mutlak mesti dikantongi supaya di masa datang bangunan tidak disegel waktu sistem pembangunan.

5. Tentukan kontraktor
Cari kontraktor yang kompeten sekalian tarifnya tidak sangat tinggi.

Sesungguhnya dari ke-5 persiapan itu, yang paling mengambil alih tenaga yaitu membuat biaya pembuatan tempat tinggal. Terlebih harga material akhir-akhir ini kenaikannya susah disangka. Tidak heran bila dalam pengaturan gagasan biaya cost (RAB) dapat beralih dikarenakan perubahan harga material.

Tapi umumnya orang menghitungnya dengan kasar keperluan bangunan berdasar pada luas tanah. Umpamanya saja harga membuat tempat tinggal per mtr. persegi sekitaran Rp 3 juta. tinggal kalikan saja dengan luas tanah, katakanlah 200 mtr. persegi, jadi keseluruhan dana yang disediakan Rp 600 juta.

Meskipun demikian upayakan perhitungannya di buat seakurat mungkin saja supaya dapat di ketahui besaran real dari cost yang diperlukan. Perhitungan dapat disusun sendiri dengan ketahui item-item pekerjaan pembangunan.
Di bawah ini bagian pekerjaan pembangunan tempat tinggal pada dasarnya :

1. Pekerjaan awal
Tahapnya yaitu pengukuran untuk memastikan tempat bangunan serta batas-batasnya. Lantas juga bowplank yang bermanfaat memastikan titik-titik dari bangunan dengan membangun pagar memakai papan.
Diluar itu juga meliputi penggalian yang terkait dengan pekerjaan pondasi dengan mengkalkulasi lebar serta dalamnya. Pekerjaan ini dikalkulasi berapakah panjang pondasi yang di buat untuk memastikan jumlah tenaga kerja serta banyak material.
Lalu mengurug sekali lagi pondasi serta lantai bangunan yang umumnya unit perhitungannya per mtr. persegi.

2. Pekerjaan pondasi
Item pekerjaannya meliputi pemasangan pondasi dengan batu kali untuk bangunan tempat tinggal yang dihitung dari semuanya panjang pondasi dikalikan tinggi pondasi dengan unit mtr. persegi.
Diluar itu disini termasuk juga pekerjaan pembuatan lantai kerja yang berbentuk urugan pasir dengan ketebalan lebih kurang 10 mtr. persegi.

3. Pekerjaan stuktur
Item ini mencakup pelaksanaan sloof (balok beton bertulang mendatar yang di buat di atas pondasi) yang perhitungannya yaitu panjang keseluruhan sloof x lebar x tinggi = unit m3.
Lalu pembuatan kolom yang disebut tiang tegak lurus pada sloof serta Ring Balk yang sama sloof namun dibuat diatas kolom-kolom yang perhitungan volumenya ditetapkan dari jumlah kolom dikalikan tinggi kolom.

4. Pekerjaan dinding
Keperluan bata dapat dihitung dari keliling dinding dikalikan dengan tinggi dinding. Lalu kurangi dengan luas dari daun jendela serta pintu. Ukuran bata juga di perhatikan dalam perhitungan ini karna dapat memakai hebel ataupun batako.
Pekerjaan yang lain yaitu plesteran yang volumenya 2 x dari volume pasangan bata. Paling akhir yaitu acian yang luasnya sama juga dengan perhitungan plesteran tapi dikurangi bagian yang tidak butuh diaci seperti dinding yang dipasangi keramik.

5. Pekerjaan kusen, pintu, serta jendela
Pemasangan kusen-kusen pada bebrapa bagian dinding spesifik untuk akses keluar masuk ataupun udara udara. Kayu-kayu itu dilapis politur ataupun cat supaya awet. Lantas termasuk juga juga pelaksanaan pemasangan kunci serta handle pintu/jendela. Umumnya kusen-kusen itu hitungannya per unit.

6. Pekerjaan rangka atap
Cakupan pekerjaannya berbentuk pemasangan rangka atap (kuda-kuda, gording, nok, kaso & reng), bila dibutuhkan ditambah alumninum foil (bila perlu) serta pemasangan genteng bersama aksesories-nya. Rangka atap dapat diambil dari baja ringan ataupun kayu. Estimasinya yaitu berapakah banyak balok kayu/baja yang diperlukan untuk pembuatan rangka.

7. Pekerjaan plumbling, mekanikal serta elektrikal
Item pekerjaannya yaitu pemasangan toilet, wastafel, bath up, pemanas air, kran. Tidak ketinggal juga pemasangan instalasi air bersih serta air kotor. Lalu pemasangan jaringan kabel listrik, kotak sekring, saklar, titik-titik lampu penerangan, serta semacamnya.

8. Pekerjaan finishing
Disini itemnya berbentuk pemasangan material lantai baik ruang serta teras. Termasuk dinding-dinding spesifik seperti dapur ataupun kamar mandi.
Lalu juga pekerjaan finishing kusen, pintu, serta jendela lewat pelapisan politur atau cat supaya awet serta menaikkan keindahan bangunan. Disini termasuk juga pemasangan handle serta kunci. Pengecatan tembok baik eksterior ataupun interior.

9. Pekerjaan tambahan
Pekerjaannya berkaitan dari keinginan yang memiliki tempat tinggal. Umpamanya pemasangan pagar, pembuatan kanopi, taman landscape, garasi.

10. Pembersihan
Sebelumnya tempat tinggal dihuni, tentunya telah harus bersih dahulu. Jadi itu pembersihan mutlak disini. Tempat tinggal mesti bebas dari debu, kotoran, ataupun puing-puing sisa-sisa bangunan.

Sesuai sama itu item-item pekerjaan yang lazimnya dilalui dalam pembangunan tempat tinggal. Di item-item itu dapat dikalkulasikan keperluan dananya. Dengan mengkalkulasi tiap-tiap detil keperluan tempat tinggal jadi dengan sendirinya dapat menyiapkan dana yang cukup. Sekali lagi juga tempat tinggal dapat usai sesuai sama tujuan yang diputuskan.

Author Bio

Gravatar Image

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *