5 Perkembangan Fisik dan Kemampuan Bayi 10 Bulan

Posted on

Si Kecil sudah berusia 10 bulan? Berikut adalah perkembangan dan berat bayi normal berusia 10 bulan. Perhatikan perubahan fisik dan perkembangan kemampuan anak untuk mengikuti pertumbuhan dan perkembangan berjalan normal.

Bulan telah berlalu. Sedikit tumbuh besar, sehat dan pintar setiap hari. Pada usia ini si Kecil mulai mengoceh dan belajar berjalan. Berikut adalah perkembangan dan berat bayi 10 bulan yang bisa membuat perbandingan.

  1. Berat badan

Berat bayi 10 bulan standar dapat dibedakan berdasarkan jenis kelamin orang kecil. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), anak laki-laki berusia 10 tahun dikatakan berat normal jika mereka antara 9 dan 11 kilogram, sedangkan bayi perempuan antara 8,5 dan 10 kg. Tingkat kenaikan berat badan bayi bervariasi, ini dipengaruhi oleh riwayat kelahiran, apakah bayi lahir prematur atau tidak, faktor gizi, genetika dan penyakit tertentu. Bayi yang sering sakit atau tidak mendapatkan nutrisi yang cukup akan mengalami kesulitan untuk mencapai berat badan bayi yang ideal selama 10 bulan.

  1. Tinggi badan

Tak hanya berat bayi 10 bulan berbeda, tinggi badan standar juga bervariasi. Seorang gadis berusia sepuluh bulan idealnya memiliki panjang 70-76 cm dan bayi 73-78 cm.

  1. Makan

Pada usia ini, Little Teeth kemungkinan akan mulai tumbuh. Dia juga bisa mengkonsumsi makanan yang lebih padat, seperti bubur susu, biskuit atau tim saringan beras. Ibu juga bisa memotong makanan menjadi potongan kecil jari (camilan) dan membiarkan si kecil makan sendirian dengan tangannya, tentu dengan pengawasan ibu atau ayah. Selain ASI, tambahkan sedikit dengan variasi sayuran, buah, daging dan kacang. Jangan lupa potong kecil-kecil, agar si kecil tidak mati lemas.

  1. Komunikasi

Bayi 10 bulan dapat meniru reaksi atau hal lain yang dilakukan ibu. Mereka juga dapat mengenali sejumlah objek, merespons ketika dipanggil dan memahami serta mengikuti perintah sederhana seperti tepuk tangan atau goyangan. Sedikit juga mulai mengoceh, meski tidak jelas apa yang dikatakannya. Berbicara dengan tekun, karena semakin banyak ibu yang tertarik dengan apa yang dikatakannya, Si Kecil akan berbicara lebih sering dan lebih sering.

  1. Gerak

Sedikit yang mulai merangkak dengan kedua tangan dan lutut. Dia juga bisa duduk, mencoba berdiri, naik dan turun tangga, berjalan sambil menempel ke dinding atau tepi furnitur. Ibu dapat menstimulasi kemampuan berjalan dengan membiarkan si kecil berdiri di depan dinding lalu menyerahkan ibu untuk memikatnya dan mengambil langkah kecil ke ibu.

Bahkan pada usia ini, orang kecil dapat mengambil dan memegang benda-benda kecil dan mengaturnya sesuai dengan ukurannya. Mereka juga mahir memegang mainan di satu tangan dan menggunakan tangan yang berbeda untuk hal yang berbeda. Karenanya selalu perhatikan setiap gerakan si Kecil untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Itulah artikel tentang 5 Perkembangan Fisik dan Kemampuan Bayi 10 Bulan yang bisa kami sampaikan dalam kesempatan kali ini, Semoga bermanfaat.

Author Bio

Gravatar Image

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *